Home » , » Kota Jodphur, Sebuah Kota Biru di India

Kota Jodphur, Sebuah Kota Biru di India

Kota Jodphur, Sebuah Kota Biru di India


Jodhpur, adalah kota terbesar kedua di negara bagian Rajasthan, India. Terletak 335 kilometer (208 mil) barat dari ibukota negara bagian, Jaipur. Ini dulunya adalah ibukota kerajaan yang dikenal sebagai Marwar. Jodhpur adalah tujuan wisata yang populer, karena ada banyak istana, benteng dan kuil-kuil.

Kota ini dikenal sebagai "Sun City" karena cuacanya selalu cerah sepanjang tahun. Kota ini juga disebut sebagai "Kota Biru" karena rumah bercat biru di sekitar Fort Mehrangarh. Jodhpur terletak di dekat pusat geografis negara Rajasthan, yang membuatnya menjadi tempat yang nyaman untuk perjalanan di wilayah-wilayah yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Kota tua Jodhpur dikelilingi oleh tembok batu tebal.

Kawasan itu bagian dari Gurjara, kerajaan Pratihara dan sampai 1100 Masehi diperintah oleh seorang Raja Bargujar. Jodhpur didirikan pada 1459 oleh Rao Jodha, seorang kepala Rajput dari klan Rathore. Jodha berhasil menaklukkan wilayah sekitarnya dan dengan demikian mendirikan sebuah negara yang kemudian dikenal sebagai Marwar. Jodha berasal dari kota Mandore, kota itu awalnya menjabat sebagai ibukota negara ini, namun, Jodhpur segera mengambil alih peran itu, bahkan selama masa Jodha. Kota ini terletak di jalan strategis yang menghubungkan Delhi untuk Gujarat. Hal ini memungkinkan untuk keuntungan dari perdagangan yang menjamur di bidang tembaga, sutra, sandal, kurma dan kopi.


Mengapa para penduduk mencat rumah mereka menjadi biru? banyak orang yang tidak tahu mengapa alasannya. Namun sebagian besar percaya bahwa itu berhubungan dengan sistem kasta yang berlaku di India.
Diperkirakan bahwa kelompok Brahmana adalah yang pertama kali mencat rumah mereka dengan warna biru untuk menandakan kedudukan mereka dan membedakan mereka dari kelompok yang lain. Tapi para penduduk pun mengikutinya, mereka mencat rumah mereka juga dengan warna biru. Sampai sekarang warga Jodhpur tetap mempertahankan tradisi ini.
Jika penduduk ditanya mengapa mereka mencat rumahnya dengan warna biru, mereka menjawab karena warna biru akan membuat rumah mereka menjadi sejuk dan bebas dari nyamuk. Namun jika hal ini benar-benar terbukti maka akan sangat mungkin bahwa seluruh benua akan penuh dengan warna biru.
Ada juga yang menjawab warna biru akan menampilkan kesan riang dan sejuk ditengah-tengah gurun Thar yang sangat panas.
Ada juga yang menjawab warna biru akan menampilkan kesan riang dan sejuk ditengah-tengah gurun Thar yang sangat panas.
Benteng ini diperintahkan oleh Rao Jodha penguasa Rathore yang telah memutuskan untuk memindahkan ibukota di sana.




Sumber. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6908114
Description: Kota Jodphur, Sebuah Kota Biru di India Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Kota Jodphur, Sebuah Kota Biru di India

Terima kasih atas kunjungan anda. Untuk Update terbaru artikel, foto, video terbaru yang unik dan aneh, dan juga yang lagi viral dan hebohkan netizen Indonesia, silahkan kunjungi PitekWalek Blog atau klick DISINI.

0 komentar:

Posting Komentar

Togel Hari Ini
Pitek Walek
Agen Bola Terpercaya