Home » , , , » Inilah Ikan Unik Yang Bisa Berjalan (Video)

Inilah Ikan Unik Yang Bisa Berjalan (Video)

Inilah Ikan Unik Yang Bisa Berjalan (Video)


Ikan Gelodok, belodok, belodog atau blodog (mudskipper) - Adalah sekelompok ikan dari beberapa marga yang termasuk ke dalam anak suku Oxudercinae.Ikan-ikan ini senang melompat-lompat ke daratan,terutama di daerah berlumpur atau berair dangkal di sekitar hutan bakau ketika air surut.

Nama-nama lainnya adalah tembakul, tempakul, timpakul atau belacak (bahasa Melayu), gabus laut, lunjat dan lain-lain.Dalam bahasa Inggris disebut mudskipper, karena kebiasaannya melompat-lompat di lumpur itu.

Tampang ikan ini sangatlah khas (lucu banget klo nurut ane). Kedua matanya menonjol di atas kepala seperti mata kodok,wajah yang dempak,dan sirip-sirip punggung yang terkembang menawan.Badannya bulat panjang seperti torpedo, sementara sirip ekornya membulat,panjang tubuh bervariasi mulai dari beberapa sentimeter hingga mendekati 30 cm.

INI GAMBAR IKAN NYA


Keahlian yang dimiliki ikan yang satu ini,selain dapat bertahan hidup lama di daratan (90% waktunya dihabiskan di darat),ikan gelodok dapat memanjat akar-akar pohon bakau, melompat jauh, dan ‘berjalan’ di atas lumpur.Pangkal sirip dadanya berotot kuat, sehingga sirip ini dapat ditekuk dan berfungsi seperti lengan untuk merayap,merangkak dan melompat.

Berikut Video nya :

Daya bertahan di daratan ini didukung pula oleh kemampuannya bernafas melalui kulit tubuhnya,dan lapisan selaput lendir di mulut dan kerongkongannya,yang hanya bisa terlaksana dalam keadaan lembab.Oleh sebab itu gelodok setiap beberapa saat perlu mencelupkan diri ke air untuk membasahi tubuhnya.

Ikan gelodok Periophthalmus koelreuteri setiap kalinya bisa bertahan sampai 7-8 menit di darat, sebelum masuk lagi ke air.Di samping itu, gelodok juga menyimpan sejumlah air di rongga insangnya yang membesar,yang memungkinkan insang untuk selalu terendam dan berfungsi selagi ikan itu berjalan-jalan di daratan.

Hidup di wilayah pasang surut,gelodok biasa menggali lubang di lumpur yang lunak untuk sarangnya.Lubang ini bisa sangat dalam dan bercabang-cabang,berisi air dan sedikit udara di ruang-ruang tertentu.Ketika air pasang naik, gelodok umumnya bersembunyi di lubang-lubang ini untuk menghindari ikan-ikan pemangsa yang berdatangan.

Ikan jantan memiliki semacam alat kopulasi pada kelaminnya.Setelah per-k a w i n -an, telur-telur ikan gelodok disimpan dalam lubangnya itu,dan dijaga oleh induk betinanya. Telur-telur itu lengket dan melekat pada dinding lumpur.Gelodok Periophthalmodon schlosseri dapat bertelur hingga 70.000 butir.

Gelodok memangsa aneka hewan,mulai dari ketam binatu (Uca spp.), udang, ikan, kerang, cumi-cumi, sampai ke semut ngangrang dan lalat.Ikan ini juga diduga memakan sedikit tumbuhan.Ketika menjelajah daratan, gelodok juga sering menyerang dan mengusir gelodok yang lainnya,untuk mempertahankan teritorinya.

Penyebaran dan ragam jenis Gelodok Periophthalmus gracilis (dari Malaysia hingga Australia utara)Ikan gelodok hanya dijumpai di pantai-pantai beriklim tropis,dan subtropis di wilayah Indo-Pasifik sampai ke pantai Atlantik Benua Afrika.

Saat ini telah teridentifikasi sebanyak 35 spesies ikan gelodok.Terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu Boleophthalmus, Periophthalmus dan Periophthalmodon.Beberapa spesies contohnya adalah Pseudapocryptes elongatus, Periophthalmus gracilis, Periophthalmus novemradiatus, Periophthalmus barbarus, Periophthalmus argentilineatus dan Periophthalmodon schlosseri.

Belum banyak terkuak nilai dari ikan ini.Namun ikan ini termasuk yang paling tahan terhadap kerusakan lingkungan hidup,dan dapat tetap hidup dalam kondisi yang “memprihatinkan” sekalipun.Namun di Tiongkok dan Jepang, ikan gelodok menjadi santapan,selain juga digunakan sebagai obat tradisional, terutama sebagai peningkat tenaga lelaki. [gallerydunia.com]
Description: Inilah Ikan Unik Yang Bisa Berjalan (Video) Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Inilah Ikan Unik Yang Bisa Berjalan (Video)

Terima kasih atas kunjungan anda. Untuk Update terbaru artikel, foto, video terbaru yang unik dan aneh, dan juga yang lagi viral dan hebohkan netizen Indonesia, silahkan kunjungi PitekWalek Blog atau klick DISINI.
Togel Hari Ini
Pitek Walek
Agen Bola Terpercaya