Home » , , , » Inilah Video Kantung Udara Penahan Rumah Dari Gempa

Inilah Video Kantung Udara Penahan Rumah Dari Gempa

Inilah Video Kantung Udara Penahan Rumah Dari Gempa


Sebuah perusahaan di Jepang berhasil menemukan sebuah metode untuk menangkal serangan gempa bumi, baik yang sangat dahsyat sekalipun.

Air Danshin System Inc, menciptakan sebuah teknologi kantong udara yang bisa mengembang untuk kemudian mengangkat rumah saat gempa terjadi. Dengan kantong udara raksasa tersebut, sang pemilik rumah tidak perlu khawatir karena rumahnya aman dari guncangan karena akaan mengapung.

"Kami mulai mengembangkan sistem ini sejak tahun 2006 silam," ujar juru bicara perusahaan Hiroshi Hosoda seperti yang dikutip dari Telegraph, Selasa (06/03/2012).

Menurut Hosoda, perusahaannya telah menyematkan alat tersebut ke sekitar 100 rumah di seluruh Jepang. Saat gempa muncul, sebuah sensor di dalam rumah akan mendeteksi pergerakan yang ada dan kemudian mengaktifkan kompresor yang berfungsi memompa udara ke dalam kantung besar di bawah bangunan. Proses tersebut berlangsung hanya satu detik.

Saat guncangan terjadi, kantung udara yang telah terisi otomatis akan mengangkat bangunan dengan fondasinya hingga setinggi 3 cm. Agar membuatnya stabil dan tetap berdiri tegak, sebuah katup diletakkan di dalam bangunan yang dapat mengontrol jumlah udara yang masuk.

Berikut Videonya :


Dalam tayangan video diatas, dapat terlihat jika rumah sama sekali tidak bergerak saat guncangan gempa melanda. Dan ketika sensor menangkap getaran telah berhenti, maka udara yang ada dikantong secara perlahan keluar sehingga membuat rumah kembali turun ke fondasi awal.

Hosoda menjelaskan bahwa kantung udara tersebut bisa disematkan dalam bangunan lama. Atau dengan kata lain, kantung tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi rumah baru saja. Namun untuk mendapatkan kantung udara ini, sang pemilik rumah harus merogoh koceknya hingga 3 juta yen. Harga tersebut bisa bertambah ataupun berkurang karena disesuaikan dengan ukuran bangunan.

Meski demikian, Hosoda mengklaim harga yang mereka patok lebih murah dibandingkan teknologi anti gempa lainnya. Tidak hanya itu, Hosoda juga memberikan garansi hingga 10 tahun bagi setiap pemilik rumah. Kedepannya, Ia berharap teknologi tersebut bisa diaplikasikan kepada gedung yang lebih besar, termasuk sekolah hingga rumah sakit.



Sumber. memobee.com
Description: Inilah Video Kantung Udara Penahan Rumah Dari Gempa Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Inilah Video Kantung Udara Penahan Rumah Dari Gempa

Terima kasih atas kunjungan anda. Untuk Update terbaru artikel, foto, video terbaru yang unik dan aneh, dan juga yang lagi viral dan hebohkan netizen Indonesia, silahkan kunjungi PitekWalek Blog atau klick DISINI.