Home » , , » Sping Tire, Ban Khusus Untuk Kendaraan Penjelajah Bulan

Sping Tire, Ban Khusus Untuk Kendaraan Penjelajah Bulan

Sping Tire, Ban Khusus Untuk Kendaraan Penjelajah Bulan


Produsen ban terbesar di dunia, Goodyear, melakukan kerja sama dengan NASA untuk membuat ban baru yang diperuntukkan bagi kendaraan di bulan.

Dilansir Autoblog, Selasa 13 Maret 2012, ban yang diberinama Spring Tire telah terpasang pada kendaraan percobaan Lunar Electric Rover, tahun lalu di Johnson Space Center NASA, Houston, Amerika Serikat.
Goodyear mengklaim bahwa ban pegas tersebut berhasil melewati medan ujian. Ban ini terbuat dari 800 pegas bantalan beban, yang dipasang pada poros logam palang enam. Pegas-pegas itu dapat disesuaikan dengan medan yang bervariasi di planet, sehingga dapat bergulir tanpa membuat kendaraan berguncang secara berlebihan. 
Spring Tire dirancang untuk membawa kendaraan dengan bobot 10 kali lebih berat dari ban jaring kawat yang digunakan oleh Goodyear saat mengembangkan kendaraan jelajah Apollo Lunar Roving Vehicle (LRV).

Saat terjadi benturan keras, ban konvensional akan mengalami kebocoran. Sementara pada Spring Tire hanya menyebabkan kerusakan pada satu bagian dari 800 bantalan pegas beban. Alhasil, ban tetap dapat dipergunakan secara normal.
Spring Tire bukan satu-satunya ban berteknologi tanpa udara yang mengincar misi ke bulan. Tweel-based Lunar Wheel dari Michelin juga tengah dievaluasi oleh NASA untuk misi ke bulan di masa mendatang.

Goodyear mengatakan bisa saja ban ini diaplikasikan di bumi namun pihaknya belum memiliki rencana ke arah itu. Spring Tire dipamerkan di ajang Geneva Motor Show 2012, pada pekan ini. [vivanews.com]
Description: Sping Tire, Ban Khusus Untuk Kendaraan Penjelajah Bulan Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Sping Tire, Ban Khusus Untuk Kendaraan Penjelajah Bulan

Terima kasih atas kunjungan anda. Untuk Update terbaru artikel, foto, video terbaru yang unik dan aneh, dan juga yang lagi viral dan hebohkan netizen Indonesia, silahkan kunjungi PitekWalek Blog atau klick DISINI.