Home » , » Unik, Pemandian Air Soda di Sumatera Utara

Unik, Pemandian Air Soda di Sumatera Utara

Unik, Pemandian Air Soda di Sumatera Utara


Kalau biasanya Anda sering menemukan kolam air panas di beberapa daerah di Indonesia, ada yang berbeda di Tarutung, Sumatera Utara. Di sana ada sebuah kolam yang memiliki rasa dan aroma mirip seperti soda!

Begitu pertama kali mendengar nama kolam air soda, mungkin Anda bertanya-tanya apa sih kolam air soda? Ya, kolam air soda adalah sebuah kolam yang airnya memiliki rasa dan warna mirip seperti soda.

Sama seperti kolam air panas, kolam air soda juga berasal dari beberapa sumber mata ai. Uniknya, sumber mata air ini tidak mengeluarkan air biasa, tetapi mengeluarkan air bersoda. Unik!

Dari buku panduan pariwisata Kemenparekraf, kolam air soda ini berada di Kaki Bukit Desa Parbubu I, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Masyarakat Tapanuli menyebut kolam unik ini dengan nama "Aek Rara".

Kolam yang cukup unik ini pertama kali ditemukan oleh seorang bidan di Tapanuli Utara, O Tobing Sihite. Saat itu ia sedang mencangkul tanah dan tanpa sengaja keluar air dari dalam tanah. Begitu dirasakan, ternyata air ini berbeda, yaitu memiliki rasa dan aroma yang mirip dengan soda.
 
Kemudian, O Tobing Sihite pun membangun kolam pemandian air soda yang dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Pada tahun 2004, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara meresmikan kolam air soda ini menjadi salah satu objek wisata. Uniknya lagi, kolam ini tidak hanya dijadikan pemandian, tetapi juga digunakan untuk mengairi sawah.

Saat liburan tiba, kawasan kolam air soda selalu dipenuhi para wisatawan yang ingin melihat langsung fenomena tak biasa ini. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara, ramai memadati kolam pemandian air soda ini.

Selain airnya yang tidak biasa, warga setempat juga percaya kalau air soda ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Tak heran bila pengunjung yang datang, selalu menyempatkan diri untuk berendam di dalam kolam.
Jika datang berkunjung ke kawasan ini, Anda tidak hanya akan menyaksikan keunikan kolam berair soda, tetapi juga panorama indah di sekitarnya. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan hamparan persawahan yang hijau dan udara nan sejuk, suasana khas pedesaan.

Tapi ingat, saat berkunjung ke kolam air soda, Anda harus mematuhi beberapa aturan yang diberikan. Peraturan yang harus dipatuhi antara lain tidak boleh mengeluarkan kata-kata makian, tidak melakukan kegiatan negatif, dan juga tidak boleh mandi tanpa mengenakan busana. Ini dikarenakan pemandian kolam air soda dibuka untuk umum, mulai dari anak kecil sampai dewasa mandi dalam satu kolam.

Untuk menuju lokasi kolam, Anda bisa menempuh perjalanan lewat jalur darat sejauh 320 km, melewati kawasan Danau Toba. Untuk jarak yang cukup jauh tersebut, Anda bisa menghabiskan waktu tempuh selama 5-6 jam. [detik.com]
Description: Unik, Pemandian Air Soda di Sumatera Utara Rating: 4.5 Reviewer: Bodrex Caem ItemReviewed: Unik, Pemandian Air Soda di Sumatera Utara

Terima kasih atas kunjungan anda. Untuk Update terbaru artikel, foto, video terbaru yang unik dan aneh, dan juga yang lagi viral dan hebohkan netizen Indonesia, silahkan kunjungi PitekWalek Blog atau klick DISINI.