Home » , , » Paul Caldden, Seniman Gambar Pensil Yang Menakjubkan

Paul Caldden, Seniman Gambar Pensil Yang Menakjubkan

Paul Caldden, Seniman Gambar Pensil Yang Menakjubkan


Paul Cadden
Lahir: 1964, Glasgow, Scotland

Pendidikan:
1982-1986: Print Design and Illustration, Glasgow college of Building and Printing
2001-2003: Animation and Illustration James Watt College.
Adakah yang bisa membuat sebuah lukisan dengan hanya menggunakan pensil namun hasilnya benar-benar persis foto aslinya? Bukan hanya mirip, tapi persis sampai detail-detailnya? Ternyata ada yang bisa!

Paling tidak, itu telah dibuktikan oleh PAUL CADDEN, seniman berumur 47 tahun asal Glasgow, Skotlandia. Dia mampu melukis foto dengan begitu detail seperti aslinya. Baik ketika obyek lukisannya itu adalah sosok yang sedang merokok plus asapnya, air yang menetes dari lelaki yang membasuh muka, juga wajah wanita serta detail foto tubuh wanita telanjang sekalipun, incredible!
Aliran seni (lukis) ini disebut “Hyperralism” - jika diIndonesiakan mungkin bisa menjadi hiperrealisme, yang lahir dari ide melukis berbasis fotografi yang dituangkan dalam medium non-fotografi. Paul membutuhkan waktu rata-rata antara tiga sampai enam minggu untuk menyelesaikan karyanya. Beberapa tahun belakangan ini, dia telah menyelesaikan tujuh buah lukisan jenis ini, yang biasanya dia buat dalam ukuran A1 atau A0. Di galeri masing-masing karyanya dihargai sekitar £ 5,000 ( lima ribu poundsterling).

Tentu saja butuh proses perjuangan yang panjang bagi Paul untuk mencapai tahap ini. Penerima penghargaan Artis Of The Year 2011 di negerinya ini mengungkapkan bahwa di telah mulai menggeluti seni lukis sejak berumur 6 tahun. Menurutnya, karya Hyperrealism lebih lebih mendekatkan diri pada sebuah emosi dan berdampak pada sosial budaya, agak berbeda dengan photorealism yang akan lebih banyak pengaruh teknik (fotografi) di sana.

Sebuah kalimat yang selama ini menjadi inspirasinya adalah “to intensify the normal” yang jika boleh diterjemahkan kurang lebih maknanya adalah mengintesifkan sesuatu yang normal/apa adanya. Setiap hari direkamnya gambar dan adegan sosok-sosok di sekitarnya, lalu dilukis ulang dengan kedalaman emosi, itulah yang menurutnya mampu menghasilkan keindahan tersendiri. Fokusnya pada segala aspek dan detail yang akan mempengaruhi hasil karyanya, membuat Paul begitu mencurahkan cinta pada prosesnya, bahkan sangat mencintai hasil lukisannya itu.

Sebuah tambahan darinya bahwa Ia selalu berusaha untuk mengetahui segala riwayat berkaitan dengan obyek yang difotonya, terutama cerita apa di balik wajah-wajah yang dilukisnya. Dan yang membuat aliran ini terlihat beda dan menakjubkan adalah penggunaan media untuk menggoreskannya adalah di dominasi oleh pensil, meski ada sedikit airbrush di sana. Anda boleh tak percaya, karyanya terlihat seperti sebuah karya foto hitam putih, namun itu adalah benar-benar sebuah lukisan pensil. Dan orang yang menciptakannya sepenuh cinta itu adalah Paul Cadden, yang menyebut aliran seninya sebagai “Hyperrealism”.


Sumber. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13798324
Description: Paul Caldden, Seniman Gambar Pensil Yang Menakjubkan Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Paul Caldden, Seniman Gambar Pensil Yang Menakjubkan

Terima kasih atas kunjungan anda. Untuk Update terbaru artikel, foto, video terbaru yang unik dan aneh, dan juga yang lagi viral dan hebohkan netizen Indonesia, silahkan kunjungi PitekWalek Blog atau klick DISINI.
Togel Hari Ini
Pitek Walek
Agen Bola Terpercaya