Home » , » Korupedia, Website Ensiklopedia Koruptor Indonesia

Korupedia, Website Ensiklopedia Koruptor Indonesia

Korupedia, Website Ensiklopedia Koruptor Indonesia


Sudah menjadi fakta jika korupsi di Indonesia terus menggurita walau sejumlah pihak, dalam hal ini KPK, polisi dan kejaksaan, telah bekerja keras untuk memerangi para pelaku yang telah merugikan uang negara hingga triliunan rupiah.

Dari tahun ke tahun, kasus korupsi tidak pernah surut dari sorot pemberitaan media massa. Anehnya, pelaku korupsi sepertinya tidak pernah jeri, sebaliknya mereka semakin berani dan pintar dalam melakukan aksinya. Berbekal keprihatinan terhadap kondisi itu akhirnya muncul sebuah website yang unik sekaligus menarik yang khusus 'memetakan' para koruptor di Indonesia.

Korupedia.org, merupakan sebuah website khusus yang memberikan berbagai macam informasi mengenai para pelaku koruptor lengkap dengan foto wajahnya. Melalui website ini, masyarakat bisa melihat langsung mengenai siapa saja orang yang tersangkut masalah korupsi hingga kemudian diberi julukan sebagai koruptor.

Dalam keterangan di websitenya, Korupedia mengatakan bahwa website tersebut dibuat hampir sama dengan Wikipedia. Dengan kata lain, para pembuatnya ingin membuat sebuah catatan ensiklopedia mengenai korupsi di Indonesia.
"Sama dengan semangat Wikipedia, Korupedia juga didedikasikan sebagai sebuah ensiklopedia terbuka tentang korupsi di Indonesia. Atau tepatnya, sebuah ensiklopedia tentang koruptor. Ensiklopedia tentang pencuri uang negara, penjarah uang rakyat, yang sampai hari ini tak kunjung hilang dari negeri ini."

Informasi yang diberikan mengenai para pelaku cukup detil, mulai dari jumlah uang yang dikorupsi, hingga masa hukuman penjara yang dijalani. Yang menarik, website ini bahkan tidak segan menampilkan foto-foto pelaku yang dicap sebagai koruptor.

Korupedia mengklaim data yang mereka miliki telah menjalani berbagai tahapan verifikasi, sebelum akhirnya dipublikasikan.

"Fokus data di Korupedia adalah profil para koruptor dan kasus-kasus korupsi yang mereka lakukan.  Seluruh data koruptor  yang kami tampilkan bersumber dari putusan peradilan yang sudah incraht, atau sudah memiliki kekuatan hukum tetap,"
"Data koruptor yang masuk, kami verifikasi secara teliti sebelum mempublikasikannya di Korupedia. Verifikasi yang kami lakukan meliputi keputusan hukum, status koruptor dan kategori kasus,"

"Korupedia juga dilengkapi tautan berita terkait isu korupsi di Indonesia. Setelah seluruh data kami verifikasi, lengkap dengan tautan berita yang mendukung, baru kami publikasikan di Korupedia,"

Meski belum sepenuhnya sempurna, website yang satu ini memiliki tampilan yang cukup baik dan yang lengkap, seperti jenis korupsi yang dilakukan, entah itu korupsi APBN/APBD, penggelapan, gartifikasi, penyuapan hingga penyalahgunaan wewenang.

Meski belum begitu jelas siapa pihak yang mendirikan situs tersebut, namun apa yang mereka lakukan patut mendapat apresiasi. Setidaknya dengan website ini diharapkan bisa membuat para pelaku koruptor yang selama ini terkesan 'bangga' bisa mulai merasa malu.| korupedia.org | memobee.com
Description: Korupedia, Website Ensiklopedia Koruptor Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: Bodrex Caem ItemReviewed: Korupedia, Website Ensiklopedia Koruptor Indonesia
Zahdananta

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Korupedia, Website Ensiklopedia Koruptor Indonesia dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel Korupedia, Website Ensiklopedia Koruptor Indonesia ini dengan url http://bodrexcaem.blogspot.com/2012/06/korupedia-website-ensiklopedia-koruptor.html, ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel Korupedia, Website Ensiklopedia Koruptor Indonesia Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Korupedia, Website Ensiklopedia Koruptor Indonesia tidak ingin ditampilkan dalam bodrexcaem.blogspot.com, Anda dapat menghubungi admin di bodrexcaem[at]Gmail[dot]com.

Blog Archive