Home » , » Ruang Anechoic, Ruang Paling Sunyi di Dunia

Ruang Anechoic, Ruang Paling Sunyi di Dunia

Ruang Anechoic, Ruang Paling Sunyi di Dunia


Pusing dengan hiruk pikuk perkotaan dan menginginkan ketenangan? Berdiam diri di ruangan paling sunyi yang pernah dibuat oleh manusia mungkin sebuah ide yang bagus. Atau malah sebaliknya?

Di Orfield Laboratories, Minneapolis Selatan, Amerika Serikat, ada sebuah ruangan bernama "Ruang Anechoic". Ruangan istimewa ini memegang gelar dari Guinness World Record sebagai tempat paling sunyi di dunia. Kesunyian ini didapat berkat dindingnya yang terbuat dari ganjalan akustik fiberglass setebal 1 meter, ditambah lapisan dinding baja ganda, serta dilapisi lagi oleh lapisan beton setebal 30 cm. Barikade tersebut secara efektif dapat menyaring 99,99% suara yang mencoba masuk ke dalam.

Pada suatu kesempatan Orfield Laboratories pernah menantang beberapa orang untuk bertahan duduk di ruangan tersebut dalam situasi gelap gulita, dan hasilnya mengejutkkan. Hanya ada satu orang reporter yang mampu bertahan cukup lama, yaitu sekitar 45 menit. Efek kesunyian dalam tempat ini tak tertahankan, manusia normal tak bisa bertahan lama karena ia akan mulai berhalusinasi beberapa menit setelah masuk kedalam.

CEO dan pendiri Orfield Laboratories, Steven Orfield, mengatakan: "Ketika sunyi, telinga akan beradaptasi. Makin sunyi ruangan, makin banyak suara yang kamu dengar. Kamu akan bisa mendengar suara detak jantungmu, kadang kamu bisa mendengar suara paru-parumu, mendengar perutmu menggelegak."

"Didalam ruang anechoic, kamu yang menjadi suara," tegasnya.
Steven menjelaskan bagaimana ruangan ini dapat menyebabkan penghuninya kehilangan orientasi. "Cara kita mengorientasikan diri sendiri adalah melalui suara yang kamu dengar ketika berjalan. Dalam ruang anechoic, kamu tidak memiliki petunjuk. Kamu mengambil petunjuk sesuai persepsi yang memungkinkanmu untuk tetap seimbang dan bermanuver. Jika kamu berada di sana selama setengah jam, kamu harus duduk di kursi."

Banyak pihak di seluruh Amerika yang telah memanfaatkan keunikan ruangan ini, salah satunya NASA. NASA menempatkan astronot mereka di ruangan tersebut untuk dites. Para astronot akan diapungkan di dalam wadah yang berisi air untuk mengetahui berapa lama mereka akan mulai berhalusinasi dan apakah mereka bisa melalui semua itu. Orfield menjelaskan bahwa ruang angkasa itu seperti ruang anechoic raksasa, jadi sangat penting bagi astronot bisa tetap fokus di sana.

Ruangan ini juga digunakan oleh banyak perusahaan untuk menguji seberapa keras suara produk mereka, misalnya untuk menguji suara katup jantung manusia, suara layar ponsel, ataupun suara tombol di dashboard mobil.

Kualitas suara juga bisa dibenchmark dari ruangan ini, misalnya membantu perusahaan seperti mesin cuci Whirlpool untuk mengembangkan metafora seperti apa suara mesin cuci yang seharusnya. Perusahaan lain seperti Harley-Davidson juga menggunakannya untuk membuat suara motor mereka menjadi lebih tenang tanpa menghilangkan ciri khas suara mesin mereka.



Description: Ruang Anechoic, Ruang Paling Sunyi di Dunia Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Ruang Anechoic, Ruang Paling Sunyi di Dunia

Terima kasih atas kunjungan anda. Untuk Update terbaru artikel, foto, video terbaru yang unik dan aneh, dan juga yang lagi viral dan hebohkan netizen Indonesia, silahkan kunjungi PitekWalek Blog atau klick DISINI.
Togel Hari Ini
Pitek Walek
Agen Bola Terpercaya