Home » , » Pemerintah Gelagapan Saat Ditanya Hakim MK Perihal Bantuan Lumpur Lapindo

Pemerintah Gelagapan Saat Ditanya Hakim MK Perihal Bantuan Lumpur Lapindo

Pemerintah Gelagapan Saat Ditanya Hakim MK
 Perihal Bantuan Lumpur Lapindo


Majelis hakim konstitusi dalam persidangan gugatan atas Pasal 18 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2012 mempertanyakan alasan pemerintah membantu PT Lapindo Brantas dalam penanggulangan dampak lumpur Lapindo. Majelis hakim juga menanyakan sejak kapan bantuan dari pemerintah ini dilakukan.

"Kenapa pemerintah ikut mengurusi biaya penanggulangan lumpur Lapindo di luar area terdampak?" kata hakim Hamdan Zoelva seusai pembacaan keterangan dari pemerintah di Mahkamah Konstitusi, Selasa, 24 Juli 2012.

Pasal 18 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2012 yang digugat itu menyebutkan sejumlah bantuan dan penanggulangan akan dianggarkan pemerintah. Anggaran yang disiapkan meliputi pelunasan pembelian tanah, pembelian bangunan, bantuan kontrak rumah, bantuan tunjangan hidup, dan biaya evakuasi dari wilayah luar area peta terkena dampak, seperti Desa Besuki, Desa Kedungcangkring, dan Desa Pejarakan.

Hamdan juga menanyakan bagaimana proses negosiasi antara pemerintah dengan perusahaan terkait pembiayaan penanggulangan dampak lumpur Lapindo. Mahfud Md. selaku ketua majelis hakim juga menanyakan ada apa di balik pembentukan pasal tersebut.

Dia berlasan pasal tersebut dibuat tanpa prosedur terbuka. "Pasal 18 terkesan tiba-tiba dibentuk tanpa prosedur yang terbuka? Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah sudah benar kajiannya?" ujar Mahfud.

Pemerintah, dalam hal ini, meminta waktu untuk menjawab secara tertulis di sidang berikutnya. Alasannya, pihaknya harus mengumpulkan data-data yang terkait dengan pengeluaran anggaran.

"Kami belum bisa berkomentar apa-apa karena harus berkoordinasi dengan kementerian terkait," kata Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Herry Purnomo, saat ditemui usai persidangan. | tempo.co
Description: Pemerintah Gelagapan Saat Ditanya Hakim MK Perihal Bantuan Lumpur Lapindo Rating: 4.5 Reviewer: Bodrex Caem ItemReviewed: Pemerintah Gelagapan Saat Ditanya Hakim MK Perihal Bantuan Lumpur Lapindo
Zahdananta

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Pemerintah Gelagapan Saat Ditanya Hakim MK Perihal Bantuan Lumpur Lapindo dan hak cipta dari semua isi/konten yang di repost dalam artikel Pemerintah Gelagapan Saat Ditanya Hakim MK Perihal Bantuan Lumpur Lapindo ini dengan url http://bodrexcaem.blogspot.com/2012/07/pemerintah-gelagapan-saat-ditanya-hakim.html, ada pada setiap sumber yang dapat dilihat di akhir artikel Pemerintah Gelagapan Saat Ditanya Hakim MK Perihal Bantuan Lumpur Lapindo Jika Anda pemilik hak cipta dari isi/konten artikel Pemerintah Gelagapan Saat Ditanya Hakim MK Perihal Bantuan Lumpur Lapindo tidak ingin ditampilkan dalam bodrexcaem.blogspot.com, Anda dapat menghubungi admin di bodrexcaem[at]Gmail[dot]com.

0 komentar:

Poskan Komentar

Blog Archive